Beranda | Artikel
Akad-akad Investasi: Murabahah / Jual Beli Keuntungan (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)
Senin, 28 April 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Erwandi Tarmizi

Kajian fiqih kontemporer oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

[sc:status-hal-yang-penting-diketahui-setiap-pengusaha-muslim-ustadz-erwandi-tarmizi-2014]

Ringkasan Kajian Fiqih Kontemporer dari Kitab “Hal yang Penting Diketahui setiap Pengusaha Muslim”: Akad-akad Investasi (العقود للاستثمار)

Murabahah / Jual Beli Keuntungan (مرابحة)

Salah satu akad-akad investasi yang penting untuk diketahui oleh seorang pedagang/pengusaha adalah akad murabahah. Kata murabahah merupakan bentuk mashdar dari رابح –يرابح – مرابحة yang berarti keuntungan.

Maka, yang dimaksud dengan jual beli murabahah berarti jual beli keuntungan. Jadi seorang pedagang menyebutkan pokok modal dari barang yang dijualnya, dan kemudian ia sepakat dengan pembeli dalam hal keuntungannya. Hukum asal jual beli murabahah adalah boleh, karena sudah ada hal ini sudah ada sejak zamannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:

وَأَحَلَّ اللّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا

Bagaimana penjelasan tentang jual beli murabahah ini? Dan bagaimana menjadikan akad murabahah ini untuk mengembangakan harta kita? Silakan download kajian fiqih ekonomi Islam ini, dan simak penjelelasan dari Ustadz Erwandi Tarmidzi, M.A., mengenai permasalahan ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Fiqih Kontemporer: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi – Akad-akad Investasi: Murabahah / Jual Beli Keuntungan

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/6200-akad-akad-investasi-murabahah-jual-beli-keuntungan-bagian-ke-1-ustadz-dr-erwandi-tarmizi-ma/